Berita

Paskibraka Tingkat Daerah Didorong Menjadi Contoh dalam Pengamalan Pancasila di Masyarakat

BY Humas . 11 Agustus 2022 - 12:00

Jawa Barat:- Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar Pembinaan Ideologi Pancasila pada Program Pemusatan Calon Paskibraka Tingkat Daerah secara daring, Kamis, (11/8).


Kegiatan yang dibuka langsung Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP Dr. Baby Siti Salamah, M.Psi., Psikolog itu diharapkan dapat memberikan jalan bagi anggota Paskibraka untuk terlibat aktif sebagai role model implementasi nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar dan masyarakat”, harapnya.



“Kami juga berharap para Paskibraka ini menjadi duta-duta Pancasila, yang menggaugkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam setiap aspek kehidupan dan profesinya. Sehingga diharapkan hal ini memperkuat para generasi muda Indonesia untuk memiliki jati diri kebangsaan dan ideologi Pancasila”, sambungnya.



Ia juga mengaku kegiatan ini didasari Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 Tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.



“BPIP mendapatkan amanat untuk melakukan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi calon Paskibraka dan Purna Paskibraka di seluruh Indonesia dan untuk selanjutnya dijadikan Duta Pancasila”, ujarnya saat sambutan secara daring.



Ia menjelaskan tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah, mendorong paskibraka supaya menjadi teladan dalam mengarusutamakan Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan menanamkan nilai Pancasila, kebangsaan, persatuan dan kesatuan, cinta tanah air serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia di lingkungan organisasi, komunitas, dan masyarakat di berbagai bidang.



Selain itu, ia juga mengaku pelaksanaan ini bertujuan untuk meningkatkan sikap dan keterampilan dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila sebagai bintang penuntun (leitstar) dalam berbagai dimensi kehidupan, penguatkan pemahaman Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, ideologi, dan dasar negara.



Diklat PIP ini lanjutnya, dilaksanakan serentak dan diikuti oleh 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota dan menjadi mandatori dari BPIP, sesuai dengan Perpres Nomor 51 tahun 2021 dan tahun ini adalah tahun pertama BPIP sebagai penanggungjawab kegiatan PIP bagi Calon Paskibraka, baik di tingkat Nasional maupun Daerah.



“Kalian adalah wakil-wakil terbaik dari seluruh daerah di Indonesia untuk bisa mengibarkan sang saka merah putih tanggal 17 Agustus 2022 nanti, jadikan momen ini menjadi momen yang istimewa dalam sejarah hidup anda semua, yang tidak setiap orang bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengibarkan Bendera Pusaka”, pesannya.



Dewan Pakar BPIP saat menjadi narasumber Prof. Dr. Ermaya Suradinata, S.H., MH., M.S mengatakan Paskibraka harus menjadi poros perubahan di masyarakat dengan implementasi nilai-nilai Pancasila karena Pancasila sangat penting dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara.



“Pancasila ini harus ditanamkan kepada masyarakat tidak hanya oleh pemerintah, tetapi adik-adik juga berperan aktif dalam pembumian nilai-nilai Pancasila,” paparnya.



Dirinya juga mengatakan Pancasila sudah disepakati oleh para pendiri bangsa dan final sehingga harus ditanamkan dalam hati dan dalam jiwa raga para Paskibraka.



“Dengan kokohnya ideologi Pancasila kita mampu memimpin negara-negara maju, realitasnya adalah dengan ditunjuknya sebagai tuan rumah G20 tahun ini”, ujarnya.



Hal senada dikatakan oleh para narasumber lainnya diantaranya Dewan Pakar BPIP Dr. Darmansjah Djumala, S.E., M.A, Prof. Dr. John Pieris, S.H., M.S , Dewan Pengarah BPIP Mayor Jenderal TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, S.I.P, Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP Dr. Baby Siti Salamah, M.Psi., dan Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Dr. Rima Agristina, S.H., S.E., MM.



Dalam kesempatan tersebut hadir langsung Plt. Direktur Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan BPIP Dr. Mahnan Marbawi, M.A, Direktur Perencanaan Pendidikan dan Pelatihan BPIP Sadono Sriharjo, S.T., M.M, Duta Pancasila Purna Paskibraka Indonesia, dan Pejabat Fungsional, Administrasi dan Pengawas di lingkungan BPIP. (ER)