Berita

Gelar RDP, Komisi II DPR RI Apresiasi Rancangan Program dan Kegiatan BPIP 2023

BY Humas . 16 Juni 2022 - 07:43

Jakarta:- Sekretaris Utama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Dr. Adhianti, S.I.P., M.Si, menghadiri Rapat Dengar Pendapat/Konsinyering Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) di Jakarta, Selasa, (14/6).
 
Usai memaparkan program dan kegiatan untuk tahun 2023. BPIP mendapatkan apresiasi dari pimpinan dan anggota komisi DPR lainnya.
 
Sekretaris Utama BPIP Dr. Adhianti, S.I.P., M.Si menjelaskan target output BPIP tahun anggaran dalam mendukung Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun Anggaran 2023.
 
Ia mengatakan terdapat 16 point diantaranya tentang kesepakatan Pendidikan dan Pelatihan PIP, norma prosedur kriteria standar dan kurikulum diklat PIP, memperkuat kesepakatan antar kementerian, lembaga dan orsospol, masyarakat lainnya, layanan komunikasi dan jaringan, rekomendasi pengakuan indeks aktualisasi Pancasila, rekomendasi kebijakan, penyusunan peta jalan dan lain-lain.
 
"Dan yang paling penting adalah sosialisasi salam Pancasila dan nilai-nilai Pancasila dalam berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara kepada semua elemen masyarakat," paparnya.
 
Ia mengakui sosialisasi tersebut akan dilakukan secara kolaborasi bergotong royong dengan Komisi II DPR RI dan Kementerian Lembaga lainnya.
 
"Dalam sosialisasi tersebut kita tidak bisa sendirian tetapi harus bergotong royong bersama Kementerian dan Lembaga lainnya termasuk Komisi II", ucapnya.
 
Peningkatan sosialisasi tersebut juga dilakukan tidak hanya kepada masyarakat, orsospol akan tetapi juga kepada ASN, TNI dan Polri.
 
Ia bahkan mengakui pada Tahun Anggaran 2022 BPIP telah melaksanakan instruksi Presiden RI Joko Widodo diantaranya optimalisasi peran dan fungsi kelembagaan BPIP dengan menyusun RUU BPIP, Implementasi standarisasi materi dan bahan ajar Pancasila dari PAUD sampai dengan Perguruan Tinggi dan Implementasi PP Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.
 
"BPIP saat ini mendapat mandat dalam melaksanakan kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila mulai dari pembentukan calon paskibraka indonesia yang sebelumnya ditangani kementerian pemuda dan olahraga" tutupnya.
 
Ketua Komisi II DPR RI Dr. H. Ahmad Doli Kurnia Tandjung, S.Si., M.T mengakui program dan kegiatan untuk Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun Anggaran 2023 sangat baik dan perlu didorong.
 
"Saya kira semua program dan kegiatan BPIP sangat baik, sehingga perlu kita dorong", ujarnya.
 
Ia juga berharap ada kolaborasi dan kerjasama dalam melaksanakan sosialisasi ke setiap daerah, karena DPR juga memiliki tusi yang sama.
 
Disamping itu bahkan dari setiap tanggapan anggota Komisi II perlu ada penambahan anggaran untuk kegiatan dan program BPIP terutama untuk sosialisasi.
 
Dalam kegiatan tersebut turut mendampingi Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan BPIP serta hadir Anggota Komisi II DPR RI dan Mitra Kerja Komisi II DPR RI. (ER)