Berita

BPIP Dukung Pancasila Segera Jadi Pelajaran Wajib di Sekolah

BY Humas . 18 April 2022 - 12:49

Yogyakarta:- Pemerintah akan menjadikan Pancasila sebagai mata pelajaran tersendiri di sekolah mulai tahun ajaran baru Juli 2022. Terkait hal tersebut, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyebut mata pelajaran Pancasila tidak akan mempersulit para pelajar.

"Jadi sesuai instruksi Presiden untuk penyampaian mata pelajaran Pancasila pada semua tingkatan pendidikan tidak harus didominasi doktrinisasi," kata Plt Sekretaris Utama BPIP Karjono usai mendampingi Kepala BPIP di Kalurahan Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Minggu (17/4/2022).

Terlebih, Karjono menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta mata pelajaran Pancasila bisa disampaikan melalui berbagai pendekatan. Seperti halnya melalui musik, film, olahraga, kuliner maupun kearifan lokal.

"Karena itu nantinya lebih banyak menerapkan pada materi praktik dan tidak usah dibikin sulit. Jika sudah dilakukan, maka pengajaran Pancasila bisa masuk ke seluruh sistem dengan tidak melalui doktrinasi," ujarnya.

"Jadi tidak harus omong Pancasila, tetapi kalau perbuatannya sudah Pancasila maka dia Pancasila banget," lanjut Karjono.

Karjono menambahkan, khusus tentang nilai-nilai kearifan lokal, BPIP memastikannya menjadi bagian terpenting dalam pembelajaran Pancasila. Nantinya, melalui 'Menggali Mutiara Pancasila' para pelajar diajak menyadari NKRI dibentuk dari keberagaman dan kebhinekaan yang kemudian menjadi kekuatan.

Adapun mengenai 'Profil Pelajar Pancasila', Karjono menggambarkannya sebagai sosok atau individu yang meneladani nilai-nilai yang diwariskan leluhur.

"Pelajar Pancasila adalah mereka yang memahami dan mengamalkan nilai kebenaran, nilai keadilan, nilai kesederhanaan dan apa adanya. Atau dalam birokrasi dinamakan integritas," katanya.
Sebelumnya, Pancasila akan berlaku sebagai mata pelajaran tersendiri mulai tahun ajaran baru Juli 2022. Kebijakan ini turut terkandung dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 4 tahun 2022 mengenai Standar Nasional Pendidikan.

Selama ini, Pancasila menjadi bagian dari mata pelajaran Kewarganegaraan.(BM)