Pentingnya Memahami Agama yang Utuh

Pentingnya Memahami Agama yang Utuh

Di balik meningkatnya maraknya fenomena-fenomena hoaks, anti NKRI, intoleransi dan radikalisme di lingkungan kampus menegaskan bahwa pemahaman agama yang bias atau tidak utuh menjadi virus utama yang saat ini tengah menyebar dikalangan akademis. Pemahaman agama yang sempit dan agama dijadikan kepentingan politik membuat gerakan radikalisme dapat tumbuh subur dikampus-kampus saat ini. Selain itu, para civitas akademik

Di balik meningkatnya maraknya fenomena-fenomena hoaks, anti NKRI, intoleransi dan radikalisme di lingkungan kampus menegaskan bahwa pemahaman agama yang bias atau tidak utuh menjadi virus utama yang saat ini tengah menyebar dikalangan akademis. Pemahaman agama yang sempit dan agama dijadikan kepentingan politik membuat gerakan radikalisme dapat tumbuh subur dikampus-kampus saat ini.

Selain itu, para civitas akademik cenderung memakan mentah-mentah apa yang diterima, apalagi dengan kehadiran media sosial yang dengan mudahnya menyebar beragam informasi yang cendrung berisi konten-konten keliru. Dan pada akhirnya, para calon pemimpin dan kaum intelektual negeri ini menjadi korban yang mudah tersulut informasi dan cepat bereaksi.

Oleh karena itu, bagi seluruh civitas akademika Indonesia untuk mulai menganut nilai-nilai keberagaman dan multikultural yang terkandung dalam nilai-nilai Pancasila untuk mencegah timbulnya kebencian-kebencian berdalih agama yang membahayakan. Mungkin sama pentingnya harus memahami butir-butir Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 soal kerukunan hidup umat beragama. (cmk)

https://www.watyutink.com/penalar/Romo-Antonius-Benny-Susetyo-Pr

admin
ADMINISTRATOR
PROFILE