Pelantikan Rikard Bagun sebagai Anggota Dewan Pengarah BPIP

Ketua Dewan Pengarah Megawati Soekarnoputri melantik Rikard Bagun sebagai anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Pelantikan dilakukan di lantai 1, Gedung BPIP, Jakarta, Kamis 3 Oktober 2019. Rikard Bagun dilantik menggantikan posisi Prof. Ma’ruf Amin yang saat ini sebagai Wakil Presiden mendampingi Presiden terpilih Joko Widodo untuk periode 2019-2024. Rikard Bagun, Pria kelahiran

Ketua Dewan Pengarah Megawati Soekarnoputri melantik Rikard Bagun sebagai anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Pelantikan dilakukan di lantai 1, Gedung BPIP, Jakarta, Kamis 3 Oktober 2019. Rikard Bagun dilantik menggantikan posisi Prof. Ma’ruf Amin yang saat ini sebagai Wakil Presiden mendampingi Presiden terpilih Joko Widodo untuk periode 2019-2024.

Rikard Bagun, Pria kelahiran Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), lahir pada tanggal 3 April 1956. merupakan jurnalis senior dan mantan pemimpin redaksi surat kabar Kompas, dan Dia juga pernah menerima penghargaan Pena Emas dari Persatuan Wartawan Indonesia.

Dewan Pengarah BPIP, terdiri atas Presiden Republik Indonesia ke 5 (lima) atau Presiden perempuan pertama, Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua, Wakil Presiden ke-6 Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno sebagai Wakil Ketua, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Muhammad Mahfud MD, mantan Ketua Umum (ketum) PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siradj, Ketua Umum Persekutuan Gereja di Indonesia Pendeta Andreas Anangguru Yewangoe, Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya serta Majelis Buddhayana Indonesia Sudhamek.

Hadir juga dalam pelantikan, Plt. Kepala BPIP Prof. Hariyono, Sekretaris Utama Karjono, Deputi Kajian dan Materi Adji Samekto, Deputi Pendidikan dan Pelatihan Baby Siti Salamah, Deputi Pengendalian dan Evaluasi Rima Agristina, Staf Khusus, Pimpinan Jabatan Tinggi Pratama, dan pegawai di lingkungan BPIP serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Ketua Dewan Pengarah Megawati Soekarnoputri menyampaikan bahwa BPIP mempunyai tanggung jawab yang berat untuk kembali menghidupkan Pancasila, tidak terbatas pada menghafalkan sila-sila Pancasila.

“Dalam pelaksanaannya budaya kita telah memperlihatkan selalu bergotong royong, begitu juga yang harus diterapkan di dalam Badan ini kita harus menjadi satu, kalau ada kesulitan atau ketidak fahaman jangan disembunyikan termasuk pak Rikard Bagun. Dewan Pengarah dipilih oleh Presiden bukanlah orang sembarangan, karena mereka putra terbaik bangsa dan tokoh nasional, maka untuk itu kami harapkan kita jangan mudah terpecah belah, dan Saya pesan kepada semuanya yang dalam hatinya, atau dalam nuraninya atau isi hatinya tidak bisa mengikuti Pancasila, Saya berharap untuk segera mengundurkan diri dan semoga kita selalu bersatu dan mewujudkan tekad kita.” tutur Ketua Dewan Pengarah.

“Terakhir selamat kepada Bapak Rikard Bagun mohon maaf telah menunggu sekian lama pelantikan seperti ini. Namun Alhamdulillah hari ini Pak Rikard Bagun menjadi bagian dari kita yakni Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.” kata Ketua Dewan Pengarah sebagai penutup sambutan.

BPIP
ADMINISTRATOR
PROFILE