Ketua Dewan Pengarah BPIP Lantik Rikard Bagun Sebagai Anggota Dewan Pengarah

(Jakarta, 03/10/2019) – Pada hari ini (3/10/2019) bertempat di Gedung Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri melantik dan mengambil sumpah Rikard Bagun, jurnalis senior dan mantan Pemimpin Redaksi Harian Kompas, sebagai salah seorang anggota Dewan Pengarah BPIP. Rikard Bagun diangkat sebagai anggota Dewan Pengarah BPIP berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor

(Jakarta, 03/10/2019) – Pada hari ini (3/10/2019) bertempat di Gedung Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri melantik dan mengambil sumpah Rikard Bagun, jurnalis senior dan mantan Pemimpin Redaksi Harian Kompas, sebagai salah seorang anggota Dewan Pengarah BPIP. Rikard Bagun diangkat sebagai anggota Dewan Pengarah BPIP berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 30/P Tahun 2019 dan sudah melaksanakan tugasnya beberapa waktu sebelum pelantikan. Pelantikan dihadiri oleh seluruh anggota Dewan Pengarah, Plt Kepala BPIP Prof. Hariyono dan Pejabat Tinggi Madya dan Pratama BPIP.

Dalam kata sambutannya, Ketua Dewan Pengarah BPIP mengingatkan mengenai pentingnya untuk menghayati ideologi Pancasila. Sebagai Badan di struktur pemerintahan, BPIP memiliki tanggungjawab yang berat untuk kembali menghidupkan Pancasila, bukan hanya dihafalkan tapi dilaksanakan keseluruhannya. Sejarah ribuan tahun menunjukkan bahwa budaya masyarakat Indonesia sudah sejak lama selalu bergotong royong. Karena itu BPIP harus selalu bersatu. Kalau ada kesulitan jangan disembunyikan. Kalau ada hal-hal yang sulit tolong dikatakan. Selalu bersama dan bergotong royong.

Ditambahkan oleh Ketua Dewan Pengarah bahwa Dewan Pengarah yang dipilih oleh Presiden bukanlah orang-orang sembarangan tapi tokoh-tokoh nasional. Karena itu Dewan Pengarah harus mempertahankan hal tersebut, Dewan Pengarah jangan mudah terbawa oleh hal-hal yang sering membuat bangsa Indonesia terpecah belah dan seolah memiliki ideologi lain. Karena itu jika hati nuraninya tidak mengikuti Pancasila berharap agar segera mengundurkan diri.

Dengan telah dilantiknya Rikard Bagun maka keanggotaan Dewan Pengarah BPIP kembali berjumlah sembilan orang yaitu Megawati Soekrnoputri (Ketua Dewan Pengarah), Try Sutrisno (Wakil Ketua), Wisnu Bawa Tenaya (Sekretaris Dewan Pengarah), Syafii Maarif (anggota), Said Aqil Siradj (anggota), Mahfud MD (anggota), Sudhamek (anggota), Andreas Anangguru Yewangoe (anggota) dan Rikard Bagun (anggota). Sebelumnya K.H Maruf Amin juga tercatat sebagai anggota Dewan Pengarah, namun karena mencalonkan diri sebagai calon Wakil Presiden RI mendampingi calon Presiden RI Joko Widodo untuk periode 2019-2024, maka K.H Maruf Amin tidak lagi menjadi anggota Dewan Pengarah BPIP.

####

 

Direktorat Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP
BPIP
ADMINISTRATOR
PROFILE