Ini Pesan Megawati Kepada Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara

Ini Pesan Megawati Kepada Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara

Ketua Dewan Pengarah BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) Megawati Soekarnoputri menjadi pembicara pada acara Seri Inspirasi Satu Nusantara yang dilaksanakan di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Kamis (19/12). Acara ini merupakan bagian dari beberapa audiensi Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (IKASTARA) dengan tokoh Nasional Indonesia, dalam rangka 30 tahun SMA Taruna Nusantara, yang bertujuan untuk memperkuat

Ketua Dewan Pengarah BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) Megawati Soekarnoputri menjadi pembicara pada acara Seri Inspirasi Satu Nusantara yang dilaksanakan di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Kamis (19/12).

Acara ini merupakan bagian dari beberapa audiensi Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (IKASTARA) dengan tokoh Nasional Indonesia, dalam rangka 30 tahun SMA Taruna Nusantara, yang bertujuan untuk memperkuat dan membarakan kembali semangat kesatuan di kalangan generasi muda Indonesia.

Dalam diskusi kebangsaan tersebut Megawati menekankan pentingnya pengamalan Pancasila sebagai dasar negara bagi seluruh generasi muda Indonesia. “Pancasila merupakan nurani bangsa Indonesia yang terdalam, sehingga nilai-nilainya harus dijaga dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” pesan Mega.

Dalam kesempatan ini, hadir juga Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP Jenderal TNI (Purn) Try Soetrisno, dan Anggota Dewan Pengarah BPIP lainnya seperti Prof. Dr. H. Syafii Maarif, Sudhamek AWS, Pdt. Andreas Anangguru Yewangoe, Mayjend TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Romo Benny Susetyo, Plt dan Kepala BPIP Bp. Hariyono serta jajaran pengurus dan staf BPIP.

Ketua Umum IKASTARA David Ratadhi mengatakan, Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara senantiasa berusaha menerjemahkan berbagai nilai-nilai luhur Pancasila, ke dalam bentuk karya nyata, seperti kegiatan Bakti Nusantara yang memiliki esensi gotong royong untuk menjangkau daerah 3T. “Selain itu kami juga baru saja menginisiasi Gerakan Satu Nusantara, yang bertujuan untuk mewujudkan persatuan dalam perbedaan yang ada di tengah masyarakat Indonesia,” ungkap David.

Gerakan Satu Nusantara terdiri dari tiga buah mata kegiatan yaitu Bara Satu Nusantara, Inspirasi Satu Nusantara dan Aksi Satu Nusantara. Gerakan ini akan mencapai puncaknya menjelang HUT Kemerdekaan RI ke-75 pada Agustus 2020. “Gerakan Satu Nusantara berusaha memposisikan diri sebagai sebuah wadah inklusif yang mengajak seluruh generasi muda dari latar belakang yang beragam untuk kembali membarakan semangat persatuan dan kebangsaan.” kata A. Renard Widarto, Ketua Gerakan Satu Nusantara.

Melalui kampanye #BedaSatukanKita, Gerakan Satu Nusantara berusaha konsisten membangun sebuah semangat kesatuan dalam bingkai keberagaman. (son)

sumber : bisnisjakarta.co.id

BPIP
ADMINISTRATOR
PROFILE