Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Berperan Aktif dalam Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pimpin upacara dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, pada hari Selasa, 1 Oktober 2019. Jokowi bertindak sebagai inspektur Upacara. Upacara dimulai pukul 07.56 WIB, dan pukul 08.00 WIB, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla keduanya didampingi isteri memasuki lapangan

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pimpin upacara dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, pada hari Selasa, 1 Oktober 2019. Jokowi bertindak sebagai inspektur Upacara. Upacara dimulai pukul 07.56 WIB, dan pukul 08.00 WIB, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla keduanya didampingi isteri memasuki lapangan upacara.

Jokowi langsung naik ke mimbar yang telah disediakan. Upacara diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, berikutnya, acara dilanjutkan pembacaan Pancasila oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah Oesman Sapta Odang, pembacaan pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan, dan pembacaan dan penandatanganan ikrar oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Bambang Soesatyo, serta pembacaan doa oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Pejabat lain yang hadir antara lain Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Menteri Pertahanan dan Keamanan Jenderal Purn. Ryamizard Ryacudu, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri BUMN Rini Soemarno. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Hariyono.

Selain Plt Kepala BPIP juga hadir ikut berperan aktif dari BPIP antara lain Sekretaris Utama Karjono Atmoharsono, Plt. Deputi Bidang Hukum, Advokasi, dan Pengawasan Regulasi Ani Purwanti, Deputi Bidang Pengkajian dan Materi diwakili oleh Direktur Standardisasi Materi dan Metode Aparatur Negara Akbar Hadi Prabowo, Deputi bidang Pendidikan dan Pelatihan Baby Siti Salamah, Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Rima Agristina.

Setelah upacara selesai Presiden beserta Ibu dan Wakil Presiden beserta Ibu diikuti para menteri mengunjungi monumen dan memanjatkan doa serta beramah tamah dengan peserta upacara.

BPIP
ADMINISTRATOR
PROFILE